Sunday, 14 Apr 2024
Home
Search
Menu
Share
More
18 Jul 2023 05:56 - 6 minutes reading

Usaha Fried Chicken Gerobak dan Sejarah KFC yang Mendunia

Share This

Usaha Fried Chicken Gerobak “Modal Kecil Untung Besar” ini memang sudah tidak diragukan lagi, karena memang rasa-nya dari ayam ini sangat nikmat meskipun hanya dicocol dengan saos saja, sehingga sangat laris dan memang bisa untung besar.

Modal usaha fried chicken kaki lima ini terbilang tidaklah mahal, anda mempunyai uang sebesar 5 juta saja sudah bisa berjualan menggunakan gerobak yang mewah. Fried Chicken dipinggiran jalan saat ini sudah menjamur dimana-mana, bukan tanpa alasan, karena modal usaha yang Kecil dan juga untungnya banyak.

Usaha Fried Chicken Gerobak

Usaha Fried Chicken Gerobak ini bisa anda coba sebelum anda benar-benar terjun merambah ke yang lebih besar, contohnya ingin upgrade ke ruko atau ke cafe meskipun dibidang yang sama yaitu Fried Chicken.

Usaha ini juga banyak peminatnya dan bahkan tidak akan pernah ada matinya. selagi belum tambah menjamur, tidak ada salahnya jika anda mencobanya untuk berkembang dalam usaha ini.

Sejarah KFC yang Mendunia

Sebelum anda beranjak mencoba usaha tersebut, alangkah baiknya anda mengenal dulu sejarah KFC, awal mula adanya Fried Chicken di dunia ini.

Kentucky Fried Chicken (KFC) adalah sebuah waralaba restoran cepat saji yang telah menjadi salah satu merek global yang terkenal di dunia. Sejarah KFC dimulai pada tahun 1930-an dengan pendirinya, Colonel Harland Sanders.

Pada awalnya, Colonel Sanders adalah seorang pemilik restoran di Kentucky, Amerika Serikat. Ia memiliki resep khas ayam goreng yang dibumbui dengan 11 rempah-rempah yang menjadi ciri khas KFC hingga saat ini. Seiring dengan popularitas resepnya, Sanders memutuskan untuk mengembangkan bisnisnya melalui sistem waralaba.

Pada tahun 1952, Sanders membuka restoran pertama KFC di Utah, Amerika Serikat. Ia berhasil menarik minat para pengusaha restoran yang ingin menggunakan resep dan merek KFC. Dalam beberapa tahun, jaringan waralaba KFC mulai berkembang di berbagai negara di Amerika Utara.

Pada tahun 1964, Sanders menjual bisnis KFC kepada sekelompok investor yang dipimpin oleh Jack C. Massey dan John Y. Brown Jr. Pasca penjualan tersebut, KFC mengalami perkembangan yang pesat dan menjadi salah satu waralaba makanan terbesar di dunia.

Pada tahun 1960-an, KFC mulai melebarkan sayapnya ke pasar internasional. Pada tahun 1969, restoran KFC pertama di luar Amerika Serikat dibuka di Preston, Inggris. Sejak itu, KFC terus berkembang di seluruh dunia melalui pengembangan waralaba dan kemitraan dengan pengusaha lokal.

Strategi pemasaran yang inovatif, seperti kampanye iklan yang kuat dan penawaran produk yang sesuai dengan selera lokal, membantu KFC memperluas jangkauan globalnya. Restoran KFC kini hadir di lebih dari 140 negara di seluruh dunia, dengan ribuan lokasi yang tersebar di berbagai kota besar.

Selain ayam goreng sebagai produk utama, KFC juga menyediakan berbagai menu makanan cepat saji lainnya, seperti burger, kentang goreng, hidangan sampingan, dan minuman. KFC juga terkenal dengan slogannya, “Finger Lickin’ Good” yang menggambarkan cita rasa khas dari ayam goreng mereka.

Kesuksesan KFC sebagai merek global tidak lepas dari warisan Colonel Sanders, visi perusahaan yang kuat, dan komitmen terhadap kualitas dan kepuasan pelanggan. Sejarah KFC yang mendunia adalah cerita tentang bagaimana sebuah bisnis kecil dapat berkembang menjadi salah satu merek terkenal di dunia dalam industri makanan cepat saji.

KFC Terus Merambah Ke Seluruh Dunia

Setelah mencapai kesuksesan sebagai merek global, KFC terus memperluas operasinya dan berinovasi untuk tetap relevan di pasar yang terus berkembang. Berikut beberapa perkembangan penting dalam sejarah KFC setelah menjadi merek yang mendunia:

  1. Penambahan Menu: Selain ayam goreng sebagai menu utama, KFC terus mengembangkan pilihan menu mereka. Mereka meluncurkan produk seperti Crispy Strips (potongan ayam tanpa tulang), Zinger Burger (burger ayam pedas), Twister Wrap (ayam gulung dalam tortilla), dan masih banyak lagi. Dengan menghadirkan variasi menu, KFC dapat menarik pelanggan dengan berbagai selera dan preferensi.
  2. Ekspansi ke China: Pada tahun 1987, KFC membuka restoran pertamanya di Beijing, China, menjadikannya waralaba makanan cepat saji asing pertama yang masuk ke pasar China pasca-Reformasi. Kehadiran KFC di China terbukti sangat sukses, dan negara ini menjadi pasar terbesar KFC di luar Amerika Serikat. KFC beradaptasi dengan citarasa lokal dan memperkenalkan menu khusus, seperti nasi dan hidangan ayam Tiongkok, yang disesuaikan dengan selera masyarakat setempat.
  3. Inovasi dalam Pengalaman Pelanggan: KFC terus mengembangkan inovasi dalam hal pengalaman pelanggan. Mereka meluncurkan layanan drive-thru, pemesanan online, pengiriman makanan, dan aplikasi seluler untuk mempermudah pelanggan dalam memesan dan menikmati makanan KFC. KFC juga sering melakukan kolaborasi dengan merek lain dan meluncurkan promosi khusus untuk menarik perhatian pelanggan.
  4. Komitmen Lingkungan dan Kesehatan: Seiring dengan perubahan tren gaya hidup yang lebih sehat dan kesadaran akan lingkungan, KFC berkomitmen untuk menghadirkan pilihan makanan yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Mereka telah mengurangi penggunaan minyak goreng dan garam, serta meluncurkan menu ayam panggang dan salad segar. KFC juga berusaha untuk memperoleh bahan baku dari sumber yang berkelanjutan dan menjalankan praktik bisnis yang ramah lingkungan.
  5. Kemitraan dengan Selebriti dan Pemasaran Kreatif: KFC sering kali bekerja sama dengan selebriti dan menghadirkan kampanye pemasaran yang kreatif. Contohnya adalah kampanye “Colonel Sanders” yang melibatkan selebriti yang berperan sebagai Colonel Sanders dalam iklan, termasuk Reba McEntire, George Hamilton, dan Mario Lopez. Kemitraan ini memberikan daya tarik dan keunikan pada merek KFC.

KFC tetap menjadi salah satu merek makanan cepat saji paling terkenal dan mendunia. Melalui inovasi, ekspansi global, dan penyesuaian dengan selera lokal, KFC terus menghadirkan pengalaman makanan yang nikmat bagi jutaan pelanggan di seluruh dunia.

Selain perkembangan yang telah disebutkan sebelumnya, berikut adalah beberapa perkembangan terkini yang terjadi dalam sejarah KFC:

  1. Penekanan pada Kualitas dan Bahan Baku: KFC terus berkomitmen untuk memberikan produk berkualitas tinggi kepada pelanggan. Mereka telah fokus pada pemilihan bahan baku yang lebih baik, termasuk menetapkan standar untuk pemeliharaan ayam yang lebih baik, termasuk memastikan penggunaan ayam yang tidak mengandung antibiotik yang penting bagi kesehatan hewan dan manusia.
  2. Ekspansi ke Pasar Berkembang: KFC terus memperluas kehadirannya di pasar-pasar yang sedang berkembang di seluruh dunia. Mereka telah membuka restoran-restoran baru di negara-negara seperti India, Rusia, Brasil, dan Afrika Selatan. Dengan memasuki pasar-pasar baru ini, KFC dapat memanfaatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya daya beli masyarakat setempat.
  3. Fokus pada Teknologi dan Inovasi: Seperti halnya industri makanan cepat saji lainnya, KFC juga memanfaatkan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Mereka telah menguji konsep restoran otomatis yang menggunakan teknologi self-ordering dan self-service, serta penggunaan mesin canggih untuk memasak dan memproses makanan dengan lebih efisien.
  4. Perluasan Menu Vegetarian dan Vegan: Seiring dengan meningkatnya permintaan untuk pilihan makanan tanpa daging, KFC telah memperkenalkan menu vegetarian dan vegan di beberapa lokasi. Mereka telah meluncurkan produk seperti ayam vegan yang dibuat dengan bahan-bahan nabati, sebagai alternatif bagi mereka yang tidak mengonsumsi produk daging.
  5. Kemitraan dengan Perusahaan Makanan Lain: KFC juga terlibat dalam kemitraan dengan perusahaan makanan lain untuk menghadirkan produk yang inovatif. Misalnya, mereka telah berkolaborasi dengan Beyond Meat, perusahaan pengembang daging tanpa daging, untuk menciptakan produk “Beyond Fried Chicken” yang menggunakan bahan baku nabati.

KFC terus beradaptasi dengan perubahan tren dan kebutuhan pasar, sambil mempertahankan ciri khasnya sebagai penyedia ayam goreng yang lezat. Dalam sejarahnya yang mendunia, KFC terus menjadi salah satu merek makanan cepat saji yang paling diakui dan dicintai di seluruh dunia.

Kesimpulan

Itulah Tips dan Tricks bagi anda yang ingin usaha Fried Chicken dan juga sejarah awal mulanya fried chicken beredar di dunia ini.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

- - Pengertian Yurisprudensi: Aspek Fundamental dalam Sistem Hukum